Tuesday, November 1, 2011

BTBMI itu..bikin BeTe!!

Apa sih BTBMI?? Apa dia orang, buku, makanan, jenis besi, galau, pingsan...(lama2 gak nyambung). Ya, BTBMI itu adalah jenis buku saku (saku dari hongkong!!soalnya bukunya gede) dan buku ini singkatan dari Buku Tariff Bea Masuk Indonesia. Isinya itu lebih daripada gado2 Jakarta yang campur rasa, bahan,harga, dll. Buku ini sangat sakti karena berisi seluruh informasi akan tarif barang2 yang masuk ke dalam daerah pabean( wilayah NKRI baik di darat, laut dan udara). Buku ini tuh berisi benda2 apa aja yang pasti 30% aja kita belum tentu akan nama benda2 itu. Makanya, untuk bisa belajar harus rada menyita waktu. Nggak bisa paket ekspress..

Tapi bukan itu yang mau dijelasin tentang BTBMI ini. Yang pengen gw jelasin yaitu saat harus membawa BTBMI  saat harus mengklasifikasikan satu barang masuk dalam pos yang mana. Hal ini cukup rumit (apalagi bagi pemula seperti 4kQhH). Udah gede, berat, kalu ada tugas ribet dan kalau salah nggak ada upah nulissss.
Saat ini sudah memasuki musim hujan dan hal ini tentunya akan membuat beban terhadap BTBMI akan semakin berattt. Rasanya ingin kuhanyutkan ke genangan air banjir ...

No comments:

Post a Comment