Wednesday, June 19, 2013

Keuntungan Bawa Bekal Ke Sekolah

Sejak kecil gw sudah dibiasakan membawa bekal ke sekolah, walau tempat nya gonta ganti dari SD sampai kuliah tapi menu nya itu-itu aja -_-. Banyak alasan sih kenapa bawa bekal, tapi dari semua itu yang paling penting menurut gw yaitu kita bisa menghemat dan makanan yang kita makan itu lebih terjamin kenikmatannya. Apapun lauknya dan kondisinya pasti kalau bawa sendiri pasti lebih nikmat. Nggak tau apa kebiasaan ini kalau di persentasekan berapa banyak anak sd, smp, sma atau kuliah yang bawa bekal. Tetapi gw rasa persentase terkecil mungkin pada anak kuliahan. Alasannya mungki karena merantau, ngekos, sibuk, nggak mau repot, dll. Tapi satu hal yang gw rasa nggak masuk akal yaitu malu bawa bekal ke sekolah atau kampus. Padahal yang buat bukan kita, tapi orang tua kita atau orang lain, misalnya aja bibi, pacar, tetangga atau yang lain. Nggak percaya kalau alasan ini digunakan oleh beberapa orang?? Awalnya gw juga gak percaya tapi saat mendengar percakapan seseorang pas di angkot tentang anaknya yang malu bawa bekal gw merasa aneh dan lucu. Kok ada toh orang yang seperti itu, alasan dia malu membawa bekal itu apa coba? Gw aja sampai mau lulus kuliah senang kalau bisa bawa bekal meskipun di tingkat 3 ini biasanya cuma gw yang bawa bekal, nggak pernah ada rasa malu walaupun isinya salmon, pizza, spageti, burger, sushi (semuanya gak pernah) aslinya menu favorit itu telor ceplok dan tempe. Kenapa mesti malu untuk membawa bekal kawan? Nih beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika bawa bekal :
  1. Menghemat uang jajan. Kalau lu bawa bekal otomatis lu bisa makan dan menghilangkan rasa lapar lu. kecuali lu emang penyakitnya jajan terus.
  2. Lebih sehat. nggak percaya?lihat yang nulis.wkwkw... Tapi benar loh, kalau bekal buatan rumah itu biasanya lebih terjamin kebersihan dan nilai gizinya. Kalau lu beli jajanan di luar yang murah tapi enak apa bisa dipastikan bahan-bahannya terjamin. Apalagi yang utama ada di otaknya pedagang itu keuntungan bukan kehigienisan makanan yang dijual.
  3. Go green. Kalau lu bawa bekal otomatis pakai tempat makan dan itu bisa mengurai pemakaian plastik, mulai dari pembungkusnya, tempatnya,sendoknya sampai bumbunya. gw bilang bumbu soalnya di TV ada laporan yang bilang 1,2........3,4,dst pedagang gorengan yang ikut goreng plastiknya dengan tujuan goreannya lebih maknyuss.
  4. Tambah sayang yang buat bekal. Yah jelas lah, lu bawa bekal, makan jadi kenyang dan saat kenyang tuh biasanya lu jadi tau betapa sayangnya orang yang buat bekal itu. kita gak suruh tapi dia buat dan tinggal bawa aja.
  5. Berbagi ceria. Tau gak maksudnya? Kalau lu bawa bekal biasanya di kelas pasti ada aja "laler" berseragam dengan ekspresi nano-nano. Nah, saat berbagi inilah kita dapat berbagi kecerian dengan teman, kalau gak kenyang bisa buat ganjal perut lah.
Nah itulah beberapa keuntungan kalau lu mau bawa bekal. Kalau begitu apa masih malu buat bawa bekal??

1 comment: