Tuesday, September 23, 2014

Tips Mengerjakan Soal CAT

Tidak gw sangka, beberapa hari yang lalu di berita, calon pelamar PNS sudah mencapai lebih dari satu juta orang dan tadi sore di running text sudah tembus dua juta orang. Busett...tambah lama peminat PNS makin banyak ya, ya mungkin karena kepastian hidup. Artinya gak kaya-kaya amat tapi bisa hidup cukup sejahtera lah. Beda banget sama zaman Alm. Bapak gw yang dari dulu jadi PNS guru di Jakarta, gw inget benar waktu kecil biasanya Bapak gw bawa beras jatah dan kalau pulang sekolah kadang-kadang bapak bersihin beras pakai nampan bambu gitu. Terus yang jatuh dimakanin sama ayam yang gw pelihara. Kalau gajian pun biasanya pakai amplop cokelat yang selalu dibuka bareng-bareng sama emak dan anak-anaknya. Sampai tahun 2007 pun saat bapak gw udah golongan 4B masih aje pakai kendaraan yaitu vespa jadul. Ya itulah kisah PNS dulu, bukan yang sekarang.
Langsung aja, dari pengalaman gw dan teman-teman anak STAN angkatan 2010 dalam menghadapi ujian masuk menggunakan sistem CAT ( computer assisted test) yang paling harus diperhatikan yaitu materi TKD yang terdiri dari 3 bagian yaitu TWK (tes wawasan kebangsaan), TIU (tes intelegensi umum), dan TKP (tes kepribadian). Nah, yang kemungkinan besaaar banget lulus tuh di TKP karena jawabanya kayak soal PKN yang baik-baik aja jawabnya. Selanjutnya, (MENURUT GW) yang kemungkinan besar lulus lagi di TIU yang isinya tentang hitung-hitungan, logika, silogisme, dan sebangsanya gitu dah. Nah, dari pengalaman share sama teman-teman, untuk TIU biasanya ada aja soal-soal yang tentang posisi-posisi gitu. misalnya si A duduk di sini, si B duduk disitu, si C diatas si A dan dimanakah si D duduk? (jawabannya gak ada soalnya soal yg gw tulis gak jelas). Nah yang terakhir Menurut Gw rada susah yaitu di TWK nya....
Susahnya TWK itu karena luasnya materi yang masuk didalamnya tapi belum tentu keluar pas ujian. Namun yang pasti tentang 4 Pilar Kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Semuanya harus dipahami, terlebih di Pancasila dan UUD 1945. Usahakan hafal banget ttg semua Pasal di UUD 1945. Dan di bagian pancasila sering banget keluar tentang P4, yang tentang pengamalan dari sila2 yang ada di pancasila. Nah, selanjutnya selain 4 pilar kebangsaan tersebut juga ada sejarah Indonesia, Refolusi Inggris, Prancis, Amerika, Kerajaan-kerajaan, dan lain sebagainya...pokoknya materinya luas banget hingga nama-nama presien, keajaiban dunia, dan semua hal yang banyak banget materinya....tapi pas ngerjain soal jangan kaget kalau-kalau soal yang lu pelajarin bisa keluar semua, sebagian saja atau dikit banget yang keluar. Tergantung hoki, soalnya itu random.
Di dalam masa persiapan usahakan untuk belajar, dan yang paling efektif menurut gw yaitu dengan


  1. Baca gak usah diporsir, dikit-dikit aja tapi continue dan dibawa happy. Kalau bosen ya nonton atau terserah lu.
  2. Membuat grup-grup kecil dengan teman-temanlu untuk membahas apa aja, dari yang penting hingga gak penting untuk bahas soal-soal TWK dan TIU gitu. Grup ini bisa di line, WA, atau apa aja tergantung lu dan teman-teman lu. Grup ini sangat penting karena biasanya yang dibahas bareng-bareng ingatnya lebih lama daripada baca, apalagi kalau tentang tanggal-tanggal.
  3. Membuat semacam sticky notes untuk hal-hal yang lu anggap penting di layar laptop lu.
  4.  Nah, saat mengerjakan soal pun, kalau menurut gw dan yang gw lakukan yaitu kerjakan soal dengan tenang dari no.1 hingga selesai tanpa harus longkap-longkap. Akan tetapi saat lu ragu, langsung aja tulis no.nya di kertas coretan yang disediakan oleh panitia untuk jawab soal TIU, nanti kalau ada sisa waktu baru bisa lihat-lihat dan koreksi soal yang diragukan. 

Pengalaman gw saat mengerjakan soal TKD ya lumayan menegangkan awalnya karena soal no.1 aja gw ragu-ragu soalnya tentang Refolusi Prancis ttg hak apa gt (pake b.inggris) dan ditanya tahunnya. Gw pun berusaha tenang dan soal-soal berikutnya ternyata bisa gw jawab dan satu soal kocak yaitu saat soal sinomin kata "TAARUF". Ehbusett, selama ini sering dengar kalau lagi bahas cara pacaran teman yang katanya pacarannya setelah nikah gitu. Dan yang terlintas di kepala gw pun lagu "ketika cinta bertasbih".wkwkwk....alhasil gw pilih sinonimnya "perkenalan" (bener :D). Sisa beberapa menit dan gw coba lihat no2 di kertas coretan. Saking banyaknya ditambah dengan beberapa teman sudah klik selesai dan pada teriak "yes", "alhamdulilah", dsb yang meluapkan kegembiraannya gw pun mengklik ok dan Puji Tuhan gw juga lulus. 

2 comments: