Tuesday, April 23, 2013

Kuliah Lapangan PSO Tanjung Priok

Sehari yang lalu, gw dan teman-teman dari kampus "yellow book" alias buku kuning yang dibagi gratis dari STAN, jurusan bea cukai kembali mengadakan kuliah lapangan di pangkalan sarana operasi atau yang di singkat PSO Tj.Priok setelah sebelumnya Kulap di Soetta. Gw dan teman-teman pergi dari kampus jam 8 ke PSO dan setelah tiba kami diberi pengarahan dari Pak xx (lupa namanya) selaku Kasi xx (lupa jabatannya tapi tampangnya inget). Berdasarkan penjelasan Pak aa (lupa lagi), PSO Tj,Priok ini terdapat 46 pegawai yang dikepalai seorang ibu, sebut saja "Kartini". Saat ini Indonesia (sekarang ya, nggak tau 50 tahun lagi masih sama atau udah berubah seperti lagu Yuni Sara), terdapat 4 PSO, yaitu di Tanjung Balai Karimun, Tanjung Priok, Batam dan di Pantoloan. Masing-masing punya daerah pengawasan yang beda-beda, tertantung zodiaknya,wkwkkw...
BC 9006

Langsung saja, awalnya kami diberi pengarahan sebentar mengenai PSO Tj,Priok beserta tetek bengeknya dan saat diberi waktu bertanya, terlitas pertanyaan dan gw tanya "kalau kegiatannya bersifar teknis, artinya untuk melakukan operasi (ada 3 jenis, salah satunya operasi sesar #ngawur) diperlukan ST dari Kanwil atau KPU maka hal apa yg dilakukan saat tidak ada ST....bla..bla...?" dan bapaknya menjawab dengan jawaban yang gw baru tau dan jelas, ditambah dalam menjawab disertai dengan pengandaian aktivitas menebang pohon. Awalnya gw pikir kalau nggak ada ST pada kongkow-kongkow tapi banyak hal yang mesti dilakukan, misalnya para ABK yg melakukan kegiatan maintenance, kasinya juga banyak kegiatan misalnya seperti bapak xx tadi yang membuat modul sesuai bidangnya, dll. Artinya kinerja pegawai DJBC semakin efektif dan efisien, mungkin tidak seperti beberapa instansi yang pegawainya santai.

osmosis filter

Saat memasuki salah satu dari empat kapal dimiliki, ada yang berbeda dengan kapal yang gw naikin. Tau gak kenapa? Karena sejarah kapal ini, yaitu kapal BC 9006. Dahulu kapal ini menjadi kapal favorit ex-presiden Pak Soeharto untuk mancing dan mitosnya ikan yang didapat gede-gede, nggak tau apa ada pasukan yang bawa ikan di dalam air atau mungkin karena zaman itu perairannya masih bersih dan ikan-ikannya masih banyak. Dari dalam kapal kita dijelaskan sekilas mengenai navigasi dan permesianan di dalam kapal, yah....nggak terlalu mendalam sih tapi seperti dosen gw pernah bilang, seorang pegawai BC harus mengetahui banyak hal, paling tidak tahu kulitnya. mulai dari generatornya...trus sistem filter osmosis yang buat air asin jadi air tawar, tangki solar beserta kapasitasnya,..... hingga ban cadangan #ngawur. Gw juga lihat kamar ABK yang seperti barak, sedangkan kamar kapten dan kopat dibedain dari kamar ABK, dan kamar mandinya juga beda antara perwira dan anak buahnya, nggak tau benar atau nggak yang jelas pas gw baca di atas kamar mandinya ada tulisannya.

norak dikit
Banyak hal lagi sih yang kita pelajarin tapi rada males juga kalau ditulis semua. Yang jelas kulap ini sedikit berbeda dengan pelajaran di kelas dan menambah wawasan dan foto..

2 comments:

  1. full of lupa ye nal. hahaha. tapi seru bacanya, kemana mana gitu kita dibawa, jadi kuliah lapangan A.k.a study tour kemarin terpampang nyata di postingan ini :) two thumbs up!

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih dim udah berkunjung ke blog gw.iya, sayang waktu itu hujan :)

      Delete