Monday, October 7, 2013

Tips Memilih Tanaman Di Musim Kemarau Dalam Hunian

Jakarta udah beberapa bulan ini memasuki musim Kemarau dan biasanya di musim kemarau kayak gini cuacanya panas, banyak abu, banyak kebakaran sampai banyak yang kawin, mungkin outdoor biar nggak gerah #nggaknyambung.
Langsung aja, salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk membuat kondisi lingkungan sekitar yang terdekat alias rumah  dapat dimulai dengan menaman pohon atau tanaman supaya rumah terasa lebih sejuk. biasanya pohon-pohon besar kuat terhadap musim kemarau, malah beberapa diantara pohon-pohon buah saat-saat ini musim berbunga dan siap berbuah, contohnya pohon Mangga Harum Manis di rumah saudara dan Jambu Air di rumah gw. Selain itu, berhubung lahan atau ruang terbuka di Jakarta yang semakin kecil kayak gorengan abang-abang maka sudah jarang ada hunian yang memiliki dan MAU untuk menaman di dalam huniannya. Terlepas dari itu semua, sedikit tips yang dapat gw berikan dalam memilih tanaman untuk ditanam di musim kemarau seperti ini yaitu:

  • Tanamlah tanaman hias yang tahan cuaca kemarau, misalnya Wijaya Kusuma, Kamboja mini, tanaman berduri Euphorbia, dll yang murah, gak manja, apa adanya dan memiliki sifat keibuan.wkwkwkkw...bukan maksudnya tahan cuaca, nggak perlu banyak perawatan, tapi memiliki nilai estetika. 
  • Jika tidak memiliki lahan terbuka, dapat menggunakan pot atau ember bekas atau wadah bekas lainnya sehingga bisa dipindah-pindahkan dan nggak perlu banyak biaya.
  • Letakkan pada tempatnya supaya bisa tumbuh dengan baik.
  • Siram dengan air bekas, misalnya bekas cuci tangan, bekas masak beras, bekas cuci buah atau bekas apa aja sampai air seni pun jadi,wkwkkw... -_- asal nggak tercamput zat kimia, misalnya sabun. Penyiraman pun tidak harus dilakukan setiap hari tapi bisa dua minggu sekali atau sepengennya. 
  • Ciri-ciri tanaman yang tahan suhu panas tuh tanaman yang punya zat lilin gitu atau ciri yang lainnya. Untuk lebih jelas tanya aja sama abang-abang tukang kembang.
Begitu lah kira-kira gambaran sekilas tips memilih tanaman saat musim kemarau, kali aja berguna.

No comments:

Post a Comment